WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Mengamankan Dokumen Word (*docx) Dengan Memberi Password (Ms. Word 2010)

Kembali dengan saya Tri, kali ini beralih ke pengoperasian sebuah aplikasi. Apakah anda mengetahui Microsoft Word ? Sudah pasti YA. Ini merupakan aplikasi standar atau dasar yang harus dimiliki oleh semua pengguna komputer.

Microsoft Office Word dikenal dengan fungsinya untuk membuat dokumen seperti surat, jadwal kegiatan, makalah, laporan, proporsal, dan masih banyak lagi. Tentunya bagi pengguna komputer yang sering melakukan kegiatan surat-menyurat atau laporan kegiatan tertentu, sudah mengetahui aplikasi ini, setidaknya fungsi dan cara dasar menggunakannya.

Namun selain pengoperasian dasar dari Microsoft Office Word dalam pembuatan dokumen dalam bentuk teks, ada satu cara yang digunakan untuk memberikan pengamanan pada sebuah dokumen yang dibuat.



Mengamankan dokumen berfungsi agar dokumen yang kita buat tidak bisa diedit oleh orang lain. Pengamanan yang saya maksud disini adalah pemberian password pada dokument Microsoft Word, yang berformat docx. Dan aplikasi Ms. Word yang saya gunakan ini adalah Ms. Word 2010.

Baik, itu tadi beberapa perkenalan postingan ini, hehe. Sekarang kita menuju ke pembahasan. Silahkan pilih dokumen mana yang akan diberi password. Seperti saya yang memilih dokumen berjudul "Tetuwek Sembrama Wacana".


Setelah dokumen terbuka, kita menuju menu File.


Di bagian menu File, lihat menu Info berwarna biru. Lalu disebelah kanannya, lihat pilihan Permissions, terlihat bacaan "Anyone can open, copy, and change any part of this document", yang artinya semua orang bisa membuka, menyalin, dan merubah bagian manapun dari dokumen ini. Ini terlihat karena kita belum memberikan perlindungan.

Untuk memberi perlindungan, kita pilih Protect Document.


Lalu terlihat beberapa pilihan dengan metode apa kita akan memberikan perlindungan terhadap dokumen kita. Karena kita akan memberikan password, kita pilih Encrypt with Password.


Kemudian kita buat passwordnya. Ini bebas. Setelah itu pilih OK.


Lalu kita diminta untuk mengkonfirmasi password yang sudah kita buat. Artinya kita mengetik ulang password tadi. Next, choose OK.


Lihat bacaan di bagian Permissions, ada keterangan "A password is required to open this document" yang artinya password dibutuhkan untuk membuka dokument ini. Ini berarti pemberian password pada dokument sudah berhasil dilakukan.

Tutup kembali dokumen kalian.


Lalu tes/uji dokumen yang sudah diberi password. Buka lagi dokumen "Tetuwek Sambrama Wacana".


Langsung terlihat permintaan untuk memasukkan password.


Silahkan masukkan password yang sudah dibuat. Lalu OK.


Terbukalah dokumennya.


Jadi itulah cara untuk mengamankan dokumen berformat docx di Microsoft Office Word 2010. Pengamanan dokumen itu penting, karena kita tidak pernah mengetahui pikiran orang lain, yang mungkin bisa merubah isi dokumen kita.

Selain dalam bentuk bacaan, saya juga menyajikan tutorial ini melalui sebuah video. Dan dibawah ini adalah video cara mengamankan dokumen *docx dengan memberi password.



Terima kasih karena telah berkunjung dan mencari informasi penting mengenai penggunaan aplikasi Microsoft Office Word untuk memberi password dokumen. Semoga dapat menjadi manfaat untuk kita semua. Sampai jumpa lagi di lain postingan..... :)

Posting Komentar

0 Komentar